Visi Misi

Home / Profil / Visi Misi

Proses penyusunan Visi merujuk pada Visi Pendidikan Nasional Republik Indonesia secara keseluruhan dan berpedoman pada Visi Polinema. Berdasarkan rujukan kedua visi tersebut, Program Studi D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan membentuk tim kecil yang bertugas untuk menggali informasi berupa masukan-masukan, saran dan sumbangan pemikiran baik dari pihak internal maupun eksternal termasuk berbagai pemangku kepentingan untuk merumuskan bagaimana prospek dan proyeksi masa depan serta harapan yang diinginkan oleh Program Studi. Keterlibatan pemangku kepentingan, baik internal maupu eksternal dipandang sangat penting sebagai upaya untuk mengembangkan diri selaras dengan dinamika perubahan masyarakat yang cepat dan selalu menuntut untuk memberikan pelayanan sesuai dengan kebutuhannya.

Dari internal berupa masukan-masukan yang berkaitan dengan kondisi saat ini di dalam program studi, dan bagaimana kekuatan serta kelemahan yang dimiliki, Sedangkan dari eksternal berupa peluang-peluang yang bisa dimanfaatkan oleh program studi, dan berbagai informasi yang bersifat tantangan bagi program studi.

Pihak eksternal berupa pelaku-pelaku di industri, alumni dari Jurusan Teknik Mesin, berbagai asosiasi profesi dan lain-lain. Kedua masukan baik dari internal dan eksternal tersebut kemudian didiskusikan oleh tim kecil tersebut serta beberapa kali melibatkan seluruh dosen di Program Studi D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan. Visi Polinema yang terdapat di dalam statuta dan rencana strategi Polinema adalah Menjadi Lembaga Pendidikan Tinggi Vokasi yang Unggul dalam Persaingan Global, yang kemudian dijadikan pedoman oleh , Program Studi D-IV Teknik Mesin Produksi dan Perawatan dalam visinya yaitu:

Menjadi Program Studi Teknik Mesin Produksi dan Perawatan yang Unggul dalam Autonomous Maintenance pada Persaingan Global Tahun 2030”.

Misi

  • Melaksanakan dan mengembangkan pendidikan dan pengajaran bidang Teknik Mesin Produksi dan Perawatan yang berkualitas dan inovatif untuk menghasilkan lulusan dengan kompetensi bidang teknologi teknik mesin
  • Melakukan penelitian dan pengabdian pada masyarakat dalam bidang Teknik Mesin Produksi dan Perawatan yang bermanfaat bagi pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kesejahteraan masyarakat;
  • Menciptakan suasana akademik yang kondusif untuk meningkatkan mutu SDM dan proses pembelajaran serta tumbuhnya jiwa technopreneur;
  • Menjalin kerjasama saling menguntungkan dengan berbagai pihak dalam pengembangan pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat bidang Teknik Mesin Produksi dan Perawatan.
Translate »